7 Arti Kata Menerbangkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 7 arti kata 'menerbangkan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menerbangkan

Verba (kata kerja)
  1. Membawa terbang.
    Contoh: burung rajawali itu mencekam anak kambing dan menerbangkannya ke tengah hutan, hanya pesawat kecil yang dapat menerbangkan kami ke daerah terpencil itu
  2. Mengangkut dengan pesawat terbang.
    Contoh: helikopter itu telah menerbangkan orang yang luka-luka dari daerah pertempuran
  3. Mengemudikan pesawat terbang.
    Contoh: pangeran bersama permaisuri akan pesiar dan menerbangkan kapal terbangnya sendiri
  4. Membiarkan terbang
  5. Melepaskan supaya terbang.
    Contoh: pada upacara pemakaman itu, selain melepaskan ayam mereka juga menerbangkan beberapa ekor burung merpati
  6. Membawa kabur
  7. Melarikan.
    Contoh: orang yang menerbangkan uang kas itu telah tertangkap
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menerbangkan adalah membawa terbang. Contoh: burung rajawali itu mencekam anak kambing dan menerbangkannya ke tengah hutan, hanya pesawat kecil yang dapat menerbangkan kami ke daerah terpencil itu. Arti lainnya dari menerbangkan adalah mengangkut dengan pesawat terbang. Contoh: helikopter itu telah menerbangkan orang yang luka-luka dari daerah pertempuran.

Menerbangkan memiliki 7 arti. Menerbangkan berasal dari kata dasar terbang. Menerbangkan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Arti dari menerbangkan dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan menerbangkan dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Menerbangkan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menerbangkan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Menerbangkan