3 Arti Kata Menetap di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'menetap' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menetap

Verba (kata kerja)
  1. Mengesatkan atau mengeringkan (sesuatu yang basah, seperti tulisan tinta dan sebagainya) dengan cara menekankan barang yang dapat mengisap (seperti kertas kembang dan kain).
    Contoh: ia menetap air matanya dengan saputangan, ia segera menetap tinta pada tulisannya supaya cepat kering
  2. Bertempat tinggal tetap (di)
  3. Bermukim di.
    Contoh: banyak orang asing menetap di kota dagang itu, ada yang pulang ke kampung halamannya, ada pula yang menetap di kota-kota
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menetap adalah mengesatkan atau mengeringkan (sesuatu yang basah, seperti tulisan tinta dan sebagainya) dengan cara menekankan barang yang dapat mengisap (seperti kertas kembang dan kain). Contoh: ia menetap air matanya dengan saputangan, ia segera menetap tinta pada tulisannya supaya cepat kering. Arti lainnya dari menetap adalah bertempat tinggal tetap (di).

Menetap memiliki 3 arti. Menetap berasal dari kata dasar tetap. Menetap memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menetap dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menetap