3 Arti Kata Menguji di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'menguji' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menguji

Verba (kata kerja)
  1. Memeriksa untuk mengetahui mutu (kepandaian dan sebagainya) sesuatu dan sebagainya.
    Contoh: saya sudah menguji kekuatan jam ini, dosen senior perguruan tinggi negeri diserahi tugas menguji mahasiswa perguruan tinggi swasta
  2. Memeriksa (kadar emas) dengan batu uji dan sebagainya.
    Contoh: kalau tidak dipercaya, kamu boleh menguji emas ini di pegadaian
  3. Mencobai (ketaatan, kesetiaan, cinta, kesucian dan sebagainya).
    Contoh: maaf, saya hanya hendak menguji cintamu
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menguji adalah memeriksa untuk mengetahui mutu (kepandaian dan sebagainya) sesuatu dan sebagainya. Contoh: saya sudah menguji kekuatan jam ini, dosen senior perguruan tinggi negeri diserahi tugas menguji mahasiswa perguruan tinggi swasta. Arti lainnya dari menguji adalah memeriksa (kadar emas) dengan batu uji dan sebagainya. Contoh: kalau tidak dipercaya, kamu boleh menguji emas ini di pegadaian.

Menguji memiliki 3 arti. Menguji berasal dari kata dasar uji. Menguji adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menguji memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menguji dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Menguji