Arti Antonim Sinonim Rima

Arti Kata Mengutuk

Mengutuk memiliki 4 arti. Mengutuk berasal dari kata dasar kutuk. Mengutuk adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Mengutuk memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga mengutuk dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.
Berikut ini adalah arti mengutuk menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ataupun juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya.
gambar mengutuk ilustrasi

Arti kata mengutuk

Dasar: kutuk
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: verba
Ragam: -
Lain: -
Arti kata mengutuk adalah mengatakan (mengenakan) kutuk kepada. Mengutuk juga berarti menyumpahi. Mengutuk juga berarti melaknati

Dasar: kutuk
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: verba
Ragam: -
Lain: -
Arti kata mengutuk adalah menyatakan dan menetapkan salah (buruk)
Contoh: Kita harus mengutuk segala perbuatan korupsi

Arti kata kutuk

Arti kata kutuk adalah doa atau kata-kata yang dapat mengakibatkan kesusahan atau bencana kepada seseorang atau orang lain

Arti kata kutuk adalah kesusahan atau bencana yang menimpa seseorang atau orang lain yang disebabkan doa atau kata-kata yang diucapkan orang lain. Kutuk juga berarti laknat. Kutuk juga berarti sumpah
Contoh: Mereka tidak berani berbuat jahat karena takut kena kutuk

Arti kata kutuk adalah sukat beras (sebanyak empat genggam)

Arti kata kutuk adalah anak ayam yang baru menetas

Kata dengan kata dasar kutuk

Arti kata keterkutukan adalah perihal terkutuk
Contoh: Dia tidak mungkin menggelimangi masa depanmu dengan keterkutukan terus-menerus

Arti kata kutukan adalah sumpah (makian, nista, dan sebagainya). Kutukan juga berarti laknat (Tuhan)
Contoh: Kena kutukan Tuhan

Arti kata mengutuki adalah mengutuk

Arti kata sekutuk adalah satu sukat. Sekutuk juga berarti sesukat

Arti kata terkutuk adalah terkena kutukan
Contoh: Perbuatan yang terkutuk

Arti kata terkutuk adalah celaka
Contoh: Terkutuklah kamu jika melawan orang tuamu

Istilah dengan kata dasar kutuk

Arti istilah kutuk sehari adalah anak ayam yang baru menetas, baru dikeluarkan dari mesin tetas, umurnya di bawah lima hari

Arti istilah kutuk tipe unggul adalah anak ayam hasil pemuliaan yang mempunyai sifat unggul (produktivitasnya tinggi)

Kesimpulan

Definisi dan arti kata mengutuk menurut KBBI adalah mengatakan (mengenakan) kutuk kepada, menyumpahi, melaknati. Arti lainnya dari kata mengutuk adalah menyatakan dan menetapkan salah (buruk). Contoh, kita harus mengutuk segala perbuatan korupsi.

Validasi

KBBITesaurus
Mengutuk di KBBI Daring resmiMengutuk di Tesaurus Daring resmi
Kenapa melakukan validasi?

Kami bukan merupakan situs resmi pengembang bahasa. Oleh karena itu, kamus dan tesaurus yang ada di situs ini adalah versi tidak resmi yang merupakan rangkuman dari berbagai sumber sehingga akan sangat mungkin jika terdapat kesalahan informasi. Karena banyaknya data yang kami kelola dan kami validasi setiap harinya, kami mohon maaf jika terdapat kesalahan informasi yang terlewat ataupun belum tervalidasi. Untuk memberikan langkah pencegahan kesalahan informasi maka kami berikan tabel validasi sehingga pembaca dapat melakukan validasi secara mandiri melalui 3 situs terpercaya yaitu KBBI resmi, Tesaurus Resmi dan Google Translate.

Bagaimana cara melakukan validasi?

Klik tautan-tautan yang ada di tabel validasi yang telah kami sediakan dan bandingkan informasi yang ada dan jika pembaca menemukan informasi yang bertolak belakang maka besar kemungkinan informasi yang ada di halaman ini adalah informasi yang belum divalidasi. Lalu bagaimana jika di dalam tautan-tautan tersebut sama sekali tidak terdapat informasi yang ada di halaman ini? hal itu artinya informasi yang ada di halaman ini merupakan informasi yang didapat dan dirangkum dari berbagai macam situs yang ditemukan melalui mesin pencari Google ataupun bisa juga informasi yang belum divalidasi oleh kami sehingga pembaca patut untuk menghindarinya dan melaporkannya kepada kami untuk segera kami perbaiki ataupun kami hapus.

Bagaimana cara melaporkan kesalahan?

Jika pembaca menemukan kesalahan, ujaran kebencian, SARA dan juga hal negatif lainnya, kami mohon dengan sangat untuk melaporkannya kepada kami melalui kontak kami yang ada di halaman ini. Terima kasih.

^