6 Arti Kata Menimbulkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'menimbulkan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menimbulkan

Verba (kata kerja)
  1. Mengeluarkan ke atas (permukaan air, tanah dan sebagainya).
    Contoh: letusan gunung itu menimbulkan beberapa bukit kecil
  2. Mengakibatkan atau mendatangkan (bencana, kerugian, kerusakan, penyakit dan sebagainya)
  3. Menjadikan atau mendatangkan (kegembiraan, kemarahan, pertikaian, percederaan dan sebagainya).
    Contoh: menimbulkan perkara lama, menimbulkan kebencian di antara kita, perselisihan kecil menimbulkan akibat besar, suhu badan yang terlalu tinggi pada anak dapat menimbulkan kejang-kejang, hadiah itu menimbulkan kegembiraan pada kedua anaknya, makanan yang terlalu pedas dapat menimbulkan sakit perut
  4. Membangkit kembali (perkara yang telah lampau)
  5. Membangunkan (perasaan, kecurigaan, kecemburuan dan sebagainya)
  6. Menerbitkan (kebakaran, perang dan sebagainya)
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menimbulkan adalah mengeluarkan ke atas (permukaan air, tanah dan sebagainya). Contoh: letusan gunung itu menimbulkan beberapa bukit kecil. Arti lainnya dari menimbulkan adalah mengakibatkan atau mendatangkan (bencana, kerugian, kerusakan, penyakit dan sebagainya).

Menimbulkan memiliki 6 arti. Menimbulkan berasal dari kata dasar timbul. Menimbulkan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menimbulkan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menimbulkan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menimbulkan