6 Arti Kata Menimpa di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'menimpa' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menimpa

Verba (kata kerja)
  1. Jatuh menindih (mengenai) sesuatu.
    Contoh: bandela itu jatuh menimpa dua orang kelasi yang sedang bekerja di geladak
  2. Menjatuhi atau mengenai (terutama tentang sesuatu yang tidak menyenangkan, seperti penyakit, bencana dan sebagainya).
    Contoh: musibah kedua telah menimpa hidup saya, angin menimpanya serta melecut tangan dan mukanya dengan sambaran dingin air hujan
  3. Memukul
  4. Mengenakan senjata kepada
  5. Mencuri
  6. Menyerobot.
    Contoh: pencoleng yang kerap kali menimpa barang-barang di atas truk, dirazia oleh polisi
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menimpa adalah jatuh menindih (mengenai) sesuatu. Contoh: bandela itu jatuh menimpa dua orang kelasi yang sedang bekerja di geladak. Arti lainnya dari menimpa adalah menjatuhi atau mengenai (terutama tentang sesuatu yang tidak menyenangkan, seperti penyakit, bencana dan sebagainya). Contoh: musibah kedua telah menimpa hidup saya, angin menimpanya serta melecut tangan dan mukanya dengan sambaran dingin air hujan.

Menimpa memiliki 6 arti. Menimpa berasal dari kata dasar timpa. Menimpa adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menimpa memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menimpa dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menimpa