5 Arti Kata Meningkah di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'meningkah' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Meningkah

Verba (kata kerja)
  1. Memukul gendang dan sebagainya untuk mengiringi (menyambut, menyeling bunyi-bunyian yang lain)
  2. Mengiringi (menyambut) lagu dan sebagainya dengan sorak, tepuk tangan dan sebagainya supaya bertambah ramai dan gembira.
    Contoh: suara gesekan rebab dan dentingan kecapi meningkah suara nyanyian anak-anak perahu
  3. Menjawab (membalas, menyambut) perkataan orang.
    Contoh: benar juga kata ibu itu, demikian ia meningkah
  4. Menyelang (perkataan)
  5. Membantahi.
    Contoh: dengan tegas ia meningkah setiap tuduhan yang diajukan kepadanya
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata meningkah adalah memukul gendang dan sebagainya untuk mengiringi (menyambut, menyeling bunyi-bunyian yang lain). Arti lainnya dari meningkah adalah mengiringi (menyambut) lagu dan sebagainya dengan sorak, tepuk tangan dan sebagainya supaya bertambah ramai dan gembira. Contoh: suara gesekan rebab dan dentingan kecapi meningkah suara nyanyian anak-anak perahu.

Meningkah memiliki 5 arti. Meningkah berasal dari kata dasar tingkah. Meningkah adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Meningkah memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga meningkah dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Meningkah