5 Arti Kata Menjolok di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'menjolok' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menjolok

Verba (kata kerja)
  1. Merodokkan galah (tongkat dan sebagainya) ke suatu benda (buah dan sebagainya) yang berada di atas atau yang ada dalam lubang (liang dan sebagainya).
    Contoh: carilah galah untuk menjolok buah mangga
  2. Memasukkan jari ke lubang hidung atau kerongkongan.
    Contoh: ia menjolok hidungnya supaya dapat bersin
  3. Memenangkan.
    Contoh: sastrawan itu telah berhasil menjolok hadiah nobel
  4. Memancing jawab-an
  5. Bertanya-tanya untuk mencari dan sebagainya
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menjolok adalah merodokkan galah (tongkat dan sebagainya) ke suatu benda (buah dan sebagainya) yang berada di atas atau yang ada dalam lubang (liang dan sebagainya). Contoh: carilah galah untuk menjolok buah mangga. Arti lainnya dari menjolok adalah memasukkan jari ke lubang hidung atau kerongkongan. Contoh: ia menjolok hidungnya supaya dapat bersin.

Menjolok memiliki 5 arti. Menjolok berasal dari kata dasar jolok. Menjolok adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Arti dari menjolok dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan menjolok dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Menjolok memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menjolok dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menjolok