4 Arti Kata Menumbuhkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'menumbuhkan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menumbuhkan

Verba (kata kerja)
  1. Menjadikan (menyebabkan) tumbuh.
    Contoh: lidah buaya gunanya untuk menumbuhkan rambut, usaha menumbuhkan pepohonan di daerah kering itu harus didukung oleh segenap penduduk di daerah tersebut
  2. Menimbulkan (kebencian, perselisihan dan sebagainya).
    Contoh: dialah yang mula-mula menumbuhkan kekecewaan itu, ia menumbuhkan kebersamaan di antara kita
  3. Memelihara dan sebagainya supaya tumbuh (bertambah besar, sempurna dan sebagainya)
  4. Memperkembangkan.
    Contoh: pelatihan itu untuk menumbuhkan bakat yang telah ada pada anak-anak, ia menumbuhkan rasa kasih sayang
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menumbuhkan adalah menjadikan (menyebabkan) tumbuh. Contoh: lidah buaya gunanya untuk menumbuhkan rambut, usaha menumbuhkan pepohonan di daerah kering itu harus didukung oleh segenap penduduk di daerah tersebut. Arti lainnya dari menumbuhkan adalah menimbulkan (kebencian, perselisihan dan sebagainya). Contoh: dialah yang mula-mula menumbuhkan kekecewaan itu, ia menumbuhkan kebersamaan di antara kita.

Menumbuhkan memiliki 4 arti. Menumbuhkan berasal dari kata dasar tumbuh. Menumbuhkan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menumbuhkan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menumbuhkan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menumbuhkan