6 Arti Kata Menyisihkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'menyisihkan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menyisihkan

Verba (kata kerja)
  1. Memisahkan.
    Contoh: pada saat itu sukar menyisihkan titanium dari baja
  2. Mengalahkan, menundukkan (sehingga lawannya tidak boleh mengikuti pertandingan berikutnya).
    Contoh: ia berhasil menyisihkan pemain-pemain rrc
  3. Mengasingkan
  4. Menyendirikan.
    Contoh: pemerintah jajahan menyisihkan para pejuang kemerdekaan ke tanah seberang, pada hari tuanya ia hidup menyisihkan diri sebagai pertapa
  5. Mencadangkan
  6. Memisahkan (untuk keperluan tertentu).
    Contoh: ia menyisihkan sedikit gajinya tiap bulan untuk biaya studinya, walaupun gajinya tidak seberapa, tetap juga ia menyisihkannya tiap bulan untuk dikirimkan kepada orang tuanya
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menyisihkan adalah memisahkan. Contoh: pada saat itu sukar menyisihkan titanium dari baja. Arti lainnya dari menyisihkan adalah mengalahkan, menundukkan (sehingga lawannya tidak boleh mengikuti pertandingan berikutnya). Contoh: ia berhasil menyisihkan pemain-pemain rrc.

Menyisihkan memiliki 6 arti. Menyisihkan berasal dari kata dasar sisih. Menyisihkan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menyisihkan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menyisihkan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menyisihkan