5 Arti Kata Menyisip di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'menyisip' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menyisip

Verba (kata kerja)
  1. Menyelip (di antara dua benda atau di sela-sela sesuatu).
    Contoh: surat itu menyisip dalam buku catatannya, uang kertas palsu itu menyisip di antara lembaran uang kertas yang asli
  2. Memasang genting baru di sela-sela yang lama untuk mengganti yang pecah
  3. Menanam tanaman baru sebagai pengganti yang mati atau kurang baik di sela-sela jajaran tanaman.
    Contoh: menyisip tanaman padi, menyisip tanaman kopi
  4. Menisik(i) kain, kaus, jaring dan sebagainya yang sobek atau bolong
  5. Memberi sisipan, seperti el, em, er pada suatu kata (gigi menjadi geligi, kilau menjadi kemilau, suling menjadi seruling)
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menyisip adalah menyelip (di antara dua benda atau di sela-sela sesuatu). Contoh: surat itu menyisip dalam buku catatannya, uang kertas palsu itu menyisip di antara lembaran uang kertas yang asli. Arti lainnya dari menyisip adalah memasang genting baru di sela-sela yang lama untuk mengganti yang pecah.

Menyisip memiliki 5 arti. Menyisip berasal dari kata dasar sisip. Menyisip adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menyisip memiliki arti dalam bidang ilmu linguistik. Menyisip memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menyisip dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menyisip