4 Arti Kata Menyunting di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'menyunting' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menyunting

Verba (kata kerja)
  1. Merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, majalah)
  2. Menyusun atau merakit (film, pita rekaman) dengan cara memotong-motong dan memasang kembali
  3. Menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memerhatikan segi sistematika penyajian, isi dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi dan struktur kalimat)
  4. Mengedit.
    Contoh: pekerjaan menyunting naskah yang betul-betul menjadi naskah yang siap untuk dicetak memerlukan keterampilan khusus
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menyunting adalah merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, majalah). Arti lainnya dari menyunting adalah menyusun atau merakit (film, pita rekaman) dengan cara memotong-motong dan memasang kembali.

Menyunting memiliki 4 arti. Menyunting berasal dari kata dasar sunting. Menyunting adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menyunting memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menyunting dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menyunting