4 Arti Kata Mercusuar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'mercusuar' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Mercusuar

Nomina (kata benda)
  1. Sesuatu yang dipakai untuk memperoleh nama dan untuk bergagah-gagah.
    Contoh: proyek mercusuar
  2. Menara yang dibangun di pantai, pulau kecil di tengah laut, daerah berbatu karang dan sebagainya, yang memancarkan sinar isyarat pada waktu malam hari untuk membantu navigasi
  3. Menara api
  4. Menara suar

Kata Turunan Mercusuar

  1. Kemercusuaran
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata mercusuar adalah sesuatu yang dipakai untuk memperoleh nama dan untuk bergagah-gagah. Contoh: proyek mercusuar. Arti lainnya dari mercusuar adalah menara yang dibangun di pantai, pulau kecil di tengah laut, daerah berbatu karang dan sebagainya, yang memancarkan sinar isyarat pada waktu malam hari untuk membantu navigasi.

Mercusuar memiliki 4 arti. Mercusuar adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari mercusuar dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan mercusuar dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Mercusuar memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga mercusuar dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Mercusuar