4 Arti Kata Merebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'merebut' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Merebut

Verba (kata kerja)
  1. Mengambil sesuatu dengan kekerasan atau dengan paksa.
    Contoh: ia berhasil merebut pisau belati dari tangan penjahat itu
  2. Memperoleh sesuatu dengan susah payah (pertandingan, perlombaan dan sebagainya).
    Contoh: tim kita berusaha merebut tempat yang terhormat dalam kejuaraan sepak bola itu, belum ada yang dapat merebut hati gadis itu
  3. Mengambil dengan kekuatan senjata
  4. Merampas.
    Contoh: mereka berjuang merebut kemerdekaan, pasukan kita berhasil merebut kota-kota penting
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata merebut adalah mengambil sesuatu dengan kekerasan atau dengan paksa. Contoh: ia berhasil merebut pisau belati dari tangan penjahat itu. Arti lainnya dari merebut adalah memperoleh sesuatu dengan susah payah (pertandingan, perlombaan dan sebagainya). Contoh: tim kita berusaha merebut tempat yang terhormat dalam kejuaraan sepak bola itu, belum ada yang dapat merebut hati gadis itu.

Merebut memiliki 4 arti. Merebut berasal dari kata dasar rebut. Merebut adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Merebut memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga merebut dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Merebut