4 Arti Kata Muktazilah di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'muktazilah' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Muktazilah

Nomina (kata benda)
  1. Yang mengasingkan diri
  2. Kelompok orang yang memisahkan diri dari kelompok muawiyah dan kelompok hasan bin ali setelah tahkim karena tidak setuju dengan keputusan yang diumumkan oleh utusan kedua belah pihak
  3. Kelompok orang yang memisahkan diri dari ajaran hasan basri, yang dipelopori oleh wasil bin atha
  4. Aliran yang mendasarkan ajaran islam kepada Al-Quran dan pikiran, serta sangat kritis terhadap hadis dan cara penafsiran Al-Quran
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata muktazilah adalah yang mengasingkan diri. Arti lainnya dari muktazilah adalah kelompok orang yang memisahkan diri dari kelompok muawiyah dan kelompok hasan bin ali setelah tahkim karena tidak setuju dengan keputusan yang diumumkan oleh utusan kedua belah pihak.

Muktazilah memiliki 4 arti. Muktazilah adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Muktazilah memiliki arti dalam bidang ilmu agama islam.

Muktazilah memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga muktazilah dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Muktazilah