3 Arti Kata Najis di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'najis' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan nomina (kata benda).

Najis

Adjektiva (kata sifat)
  1. Kotor yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala., seperti terkena jilatan anjing.
    Contoh: tempat yang najis, makanan yang najis
  2. Jijik.
    Contoh: aku najis mendengar perkataan itu
Nomina (kata benda)

Kotoran (tinja, air kencing).

Kata Turunan Najis

  1. Kenajisan
  2. Menajiskan

Gabungan Kata Najis

  1. Najis berat
  2. Najis besar
  3. Najis hakiki
  4. Najis hukmi
  5. Najis kecil
  6. Najis ringan
  7. Najis sedang

Peribahasa Najis

  1. Membasuh najis dengan malu
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata najis adalah kotor yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala., seperti terkena jilatan anjing. Contoh: tempat yang najis, makanan yang najis. Arti lainnya dari najis adalah jijik. Contoh: aku najis mendengar perkataan itu.

Najis memiliki 3 arti. Najis adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Najis memiliki arti dalam bidang ilmu agama islam.

Najis memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga najis dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik dan nomina atau kata benda sehingga najis dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Najis termasuk dalam ragam bahasa cakapan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Najis