6 Arti Kata Pantang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'pantang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan verba (kata kerja).

Pantang

Nomina (kata benda)
  1. Hal (perbuatan dan sebagainya) yang terlarang menurut adat atau kepercayaan
  2. Pantangan.
    Contoh: membeli jarum dan garam pada malam hari adalah pantang menurut orang-orang tua di sini, minum minuman keras adalah pantang bagi umat beragama
  3. Makanan (minuman dan sebagainya) yang terlarang bagi penderita suatu penyakit
  4. Makanan (minuman dan sebagainya) yang sengaja dihindari
  5. Pantangan.
    Contoh: daging kambing dan buah durian pantang bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi, makanan yang berasal dari makhluk yang bernyawa pantang bagi seorang vegetaris
Verba (kata kerja)

Berpantang.
Contoh: ia masih dalam pantang.

Kata Turunan Pantang

  1. Berpantang
  2. Memantang
  3. Memantangkan
  4. Pantangan

Gabungan Kata Pantang

  1. Pantang berkala
  2. Pantang kelintasan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata pantang adalah hal (perbuatan dan sebagainya) yang terlarang menurut adat atau kepercayaan. Arti lainnya dari pantang adalah pantangan. Contoh: membeli jarum dan garam pada malam hari adalah pantang menurut orang-orang tua di sini, minum minuman keras adalah pantang bagi umat beragama.

Pantang memiliki 6 arti. Pantang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pantang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pantang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan verba atau kata kerja sehingga pantang dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Pantang