3 Arti Kata Pantun di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'pantun' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Pantun

Nomina (kata benda)
  1. Bentuk puisi indonesia (melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi
  2. Peribahasa sindiran
  3. Jawab (misalnya pada tuduhan)

Kata Turunan Pantun

  1. Berpantun
  2. Memantuni
  3. Memantunkan
  4. Pemantun
  5. Sepantun

Gabungan Kata Pantun

  1. Berpantun-pantun
  2. Pantun berkait
  3. Pantun kilat
  4. Pantun rantai
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata pantun adalah bentuk puisi indonesia (melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi. Arti lainnya dari pantun adalah peribahasa sindiran.

Pantun memiliki 3 arti. Pantun adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pantun memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pantun dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Pantun termasuk dalam ragam bahasa arkais.

Daftar IsiArtikel Terkait
Pantun