Arti Antonim Sinonim Rima

Arti Kata Pejabat Di KBBI

Pejabat memiliki 4 arti. Pejabat berasal dari kata dasar jabat. Pejabat adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pejabat memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pejabat dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Pejabat termasuk dalam ragam bahasa klasik.
Berikut ini adalah arti pejabat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ataupun juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya.
gambar pejabat ilustrasi

Arti kata pejabat

Dasar: jabat
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: nomina
Ragam: -
Lain: -
Arti kata pejabat adalah pegawai pemerintah yang memegang jabatan penting (unsur pimpinan)
Contoh: Ia seorang pejabat yang amat jujur dalam melaksanakan tugasnya

Dasar: jabat
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: nomina
Ragam: klasik
Lain: -
Arti kata pejabat adalah kantor. Pejabat juga berarti markas. Pejabat juga berarti jawatan

Arti kata jabat

Arti kata jabat adalah pegang

Kata dengan kata dasar jabat

Arti kata berjabat adalah menjabat

Arti kata berjabat adalah berjabatan

Arti kata berjabatan adalah mempunyai jabatan

Arti kata berjabatan adalah saling berjabat

Arti kata jabatan adalah pekerjaan (tugas) dalam pemerintahan atau organisasi
Contoh: Ia berhenti dari jabatannya

Arti kata jabatan adalah fungsi

Arti kata jabatan adalah dinas. Jabatan juga berarti jawatan
Contoh: Surat jabatan

Arti kata menjabat adalah memegang
Contoh: Menjabat dayung

Arti kata menjabat adalah melakukan pekerjaan (pangkat dan sebagainya). Menjabat juga berarti memegang jabatan (pekerjaan)
Contoh: Sepuluh tahun lamanya beliau menjabat pekerjaan itu

Arti kata penjabat adalah pemegang jabatan orang lain untuk sementara

Arti kata penjabatan adalah proses, cara, perbuatan menjabat

Arti kata sejabat adalah sejawat. Sejabat juga berarti sepekerjaan
Contoh: Teman sejabat

Istilah dengan kata dasar jabat

Arti istilah jabatan fungsional adalah jabatan yang ditinjau dari fungsinya dalam satuan organisasi (seperti dokter ahli, dosen, juru ukur)

Arti istilah jabatan negeri adalah jabatan dalam bidang eksekutif yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan (termasuk jabatan dalam kesekretariatan lembaga tertinggi negara dan kepaniteraan pengadilan)

Arti istilah jabatan organik adalah jabatan yang telah ditetapkan dalam peraturan gaji yang berlaku dan termasuk formasi yang telah ditentukan oleh jawatan yang bersangkutan

Arti istilah jabatan rangkap adalah dua atau lebih jabatan yang dipegang oleh seseorang dalam pemerintahan atau organisasi, seperti sekretaris jenderal, kepala biro

Arti istilah jabatan struktural adalah jabatan yang terdapat dalam struktur organisasi (komunitas) secara formal sehingga tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak pejabat atau pegawai bersangkutan sudah diatur

Arti istilah pejabat hubungan masyarakat adalah orang yang bertugas mengatur kegiatan hubungan masyarakat

Arti istilah pejabat negara adalah orang yang memegang jabatan penting dalam pemerintahan, seperti menteri, sekretaris negara

Arti istilah pejabat penerangan adalah orang yang bertugas menyampaikan penerangan tentang lembaga yang menugaskannya

Arti istilah pejabat pers adalah petugas pada suatu instansi yang menangani urusan pers

Kesimpulan

Definisi dan arti kata pejabat menurut KBBI adalah pegawai pemerintah yang memegang jabatan penting (unsur pimpinan). Contoh, ia seorang pejabat yang amat jujur dalam melaksanakan tugasnya. Arti lainnya dari kata pejabat adalah kantor, markas, jawatan.

Validasi

KBBITesaurus
Pejabat di KBBI Daring resmiPejabat di Tesaurus Daring resmi
Kenapa melakukan validasi?

Kami bukan merupakan situs resmi pengembang bahasa. Oleh karena itu, kamus dan tesaurus yang ada di situs ini adalah versi tidak resmi yang merupakan rangkuman dari berbagai sumber sehingga akan sangat mungkin jika terdapat kesalahan informasi. Karena banyaknya data yang kami kelola dan kami validasi setiap harinya, kami mohon maaf jika terdapat kesalahan informasi yang terlewat ataupun belum tervalidasi. Untuk memberikan langkah pencegahan kesalahan informasi maka kami berikan tabel validasi sehingga pembaca dapat melakukan validasi secara mandiri melalui 3 situs terpercaya yaitu KBBI resmi, Tesaurus Resmi dan Google Translate.

Bagaimana cara melakukan validasi?

Klik tautan-tautan yang ada di tabel validasi yang telah kami sediakan dan bandingkan informasi yang ada dan jika pembaca menemukan informasi yang bertolak belakang maka besar kemungkinan informasi yang ada di halaman ini adalah informasi yang belum divalidasi. Lalu bagaimana jika di dalam tautan-tautan tersebut sama sekali tidak terdapat informasi yang ada di halaman ini? hal itu artinya informasi yang ada di halaman ini merupakan informasi yang didapat dan dirangkum dari berbagai macam situs yang ditemukan melalui mesin pencari Google ataupun bisa juga informasi yang belum divalidasi oleh kami sehingga pembaca patut untuk menghindarinya dan melaporkannya kepada kami untuk segera kami perbaiki ataupun kami hapus.

Bagaimana cara melaporkan kesalahan?

Jika pembaca menemukan kesalahan, ujaran kebencian, SARA dan juga hal negatif lainnya, kami mohon dengan sangat untuk melaporkannya kepada kami melalui kontak kami yang ada di halaman ini. Terima kasih.

^