4 Arti Kata Peredaran di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'peredaran' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Peredaran

Nomina (kata benda)
  1. Peralihan (pergantian) dari keadaan yang satu ke keadaan yang lain yang berulang-ulang seakan-akan merupakan suatu lingkaran.
    Contoh: harus kita akui bahwa peredaran hidup manusia memang tidak tetap
  2. Perputaran (uang) dalam masyarakat.
    Contoh: uang kertas rp1.000,00 yang lama ditarik dari peredaran
  3. Gerakan (perjalanan dan sebagainya) berkeliling (berputar)
  4. Keadaan beredar.
    Contoh: peredaran bumi dan bulan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata peredaran adalah peralihan (pergantian) dari keadaan yang satu ke keadaan yang lain yang berulang-ulang seakan-akan merupakan suatu lingkaran. Contoh: harus kita akui bahwa peredaran hidup manusia memang tidak tetap. Arti lainnya dari peredaran adalah perputaran (uang) dalam masyarakat. Contoh: uang kertas rp1.000,00 yang lama ditarik dari peredaran.

Peredaran memiliki 4 arti. Peredaran berasal dari kata dasar edar. Peredaran adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Peredaran memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga peredaran dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Peredaran