7 Arti Kata Perlu di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 7 arti kata 'perlu' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan verba (kata kerja).

Perlu

Adjektiva (kata sifat)

Penting (ada gunanya, harus ada dan sebagainya).
Contoh: mana-mana yang perlu kita bicarakan nanti, ini perlu dan harus kaubawa.

Verba (kata kerja)
  1. Butuh (akan)
  2. Membutuhkan
  3. Berhajat (akan).
    Contoh: kalau perlu uang, kita dapat meminjam ke koperasi, negara-negara berkembang masih perlu bantuan dana dan tenaga ahli
Lain-lain
  1. Untuk.
    Contoh: ia pergi ke surabaya perlu mengurus dagangan
  2. Harus
  3. Usah.
    Contoh: barang-barang ini perlu didaftar, saya kira anda tidak perlu menyediakan makanan

Kata Turunan Perlu

  1. Keperluan
  2. Memerlukan
  3. Seperlunya

Gabungan Kata Perlu

  1. Keperluan air
  2. Keperluan pokok
  3. Keperluan primer
  4. Keperluan sekunder
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata perlu adalah penting (ada gunanya, harus ada dan sebagainya). Contoh: mana-mana yang perlu kita bicarakan nanti, ini perlu dan harus kaubawa. Arti lainnya dari perlu adalah butuh (akan).

Perlu memiliki 7 arti. Perlu adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Perlu memiliki arti dalam kelas adverbia atau kata keterangan sehingga perlu dapat memberikan keterangan kepada kata lain, adjektiva atau kata sifat sehingga perlu dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik dan juga masuk ke dalam kelas verba atau kata kerja sehingga perlu dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya dan partikel yaitu kata yang tidak tertakluk pada perubahan bentuk dan hanya berfungsi menampilkan unsur yang diiringinya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Perlu