Arti Antonim Sinonim Rima

Arti Kata Pernikahan Di KBBI

Pernikahan memiliki 2 arti. Pernikahan berasal dari kata dasar nikah. Pernikahan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pernikahan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pernikahan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.
Berikut ini adalah arti pernikahan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ataupun juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya.
gambar pernikahan ilustrasi

Arti kata pernikahan

Dasar: nikah
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: nomina
Ragam: -
Lain: -
Arti kata pernikahan adalah hal (perbuatan) bernikah

Dasar: nikah
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: nomina
Ragam: -
Lain: -
Arti kata pernikahan adalah upacara bernikah
Contoh: Dia akan menghadiri pernikahan saudaranya

Arti kata nikah

Arti kata nikah adalah ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama
Contoh: Hidup sebagai suami istri tanpa nikah merupakan pelanggaran terhadap agama

Kata dengan kata dasar nikah

Arti kata bernikah adalah menikah

Arti kata menikah adalah melakukan nikah. Menikah juga berarti kawin
Contoh: Ia akan menikah dengan seorang guru

Arti kata menikahi adalah mengambil sebagai istri. Menikahi juga berarti mengawini
Contoh: Aku mau menikahinya

Arti kata menikahkan adalah menjadikan bersuami (beristri). Menikahkan juga berarti mengawinkan
Contoh: Ia menikahkan anak perempuannya dengan seorang dokter muda

Arti kata menikahkan adalah mengadakan upacara pernikahan untuk
Contoh: Pak camat akan menikahkan anaknya pada akhir bulan ini

Istilah dengan kata dasar nikah

Arti istilah nikah fasid adalah pernikahan yang tidak dapat dilangsungkan atau disahkan karena perbedaan agama, calon istri dalam idah, muhrim, dan sebagainya yang melanggar aturan perkawinan dalam

Arti istilah nikah gantung adalah nikah yang dilakukan sesuai dengan syarak (terutama dalam agama islam), tetapi belum diresmikan oleh petugas yang berwenang (suami istri belum tinggal serumah)

Arti istilah nikah sigar adalah pernikahan dengan cara tukar-menukar calon istri di antara para wali untuk dinikahkan dengan calon suami yang telah disepakati atau untuk dirinya masing-masing dengan suatu perjanjian tanpa mahar, hukumnya haram

Arti istilah nikah siri adalah pernikahan yang hanya disaksikan oleh seorang modin dan saksi, tidak melalui kantor urusan agama, menurut agama islam sudah sah

Arti istilah nikah tahlil adalah pernikahan yang dilakukan oleh orang ketiga untuk menghalalkan bekas suami yang telah menjatuhkan talak tiga untuk kembali kepada bekas istrinya

Tak jarang bagi banyak orang pernikahan adalah momen yang terjadi hanya sekali seumur hidup. Karena itulah muncul banyak jasa untuk mengabadikan momen bahagia ini menjadi sebuah foto dan video. Bahkan di daerah pun seperti di kota ngawi, sudah ada YR Studio yang menyediakan jasa fotografer ngawi untuk acara pernikahan.

Kesimpulan

Definisi dan arti kata pernikahan menurut KBBI adalah hal (perbuatan) bernikah. Arti lainnya dari kata pernikahan adalah upacara bernikah. Contoh, dia akan menghadiri pernikahan saudaranya.

Validasi

KBBITesaurus
Pernikahan di KBBI Daring resmiPernikahan di Tesaurus Daring resmi
Kenapa melakukan validasi?

Kami bukan merupakan situs resmi pengembang bahasa. Oleh karena itu, kamus dan tesaurus yang ada di situs ini adalah versi tidak resmi yang merupakan rangkuman dari berbagai sumber sehingga akan sangat mungkin jika terdapat kesalahan informasi. Karena banyaknya data yang kami kelola dan kami validasi setiap harinya, kami mohon maaf jika terdapat kesalahan informasi yang terlewat ataupun belum tervalidasi. Untuk memberikan langkah pencegahan kesalahan informasi maka kami berikan tabel validasi sehingga pembaca dapat melakukan validasi secara mandiri melalui 3 situs terpercaya yaitu KBBI resmi, Tesaurus Resmi dan Google Translate.

Bagaimana cara melakukan validasi?

Klik tautan-tautan yang ada di tabel validasi yang telah kami sediakan dan bandingkan informasi yang ada dan jika pembaca menemukan informasi yang bertolak belakang maka besar kemungkinan informasi yang ada di halaman ini adalah informasi yang belum divalidasi. Lalu bagaimana jika di dalam tautan-tautan tersebut sama sekali tidak terdapat informasi yang ada di halaman ini? hal itu artinya informasi yang ada di halaman ini merupakan informasi yang didapat dan dirangkum dari berbagai macam situs yang ditemukan melalui mesin pencari Google ataupun bisa juga informasi yang belum divalidasi oleh kami sehingga pembaca patut untuk menghindarinya dan melaporkannya kepada kami untuk segera kami perbaiki ataupun kami hapus.

Bagaimana cara melaporkan kesalahan?

Jika pembaca menemukan kesalahan, ujaran kebencian, SARA dan juga hal negatif lainnya, kami mohon dengan sangat untuk melaporkannya kepada kami melalui kontak kami yang ada di halaman ini. Terima kasih.

^