11 Arti Kata Pihak di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 11 arti kata 'pihak' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Pihak

Nomina (kata benda)
  1. Satu dari golongan (partai, orang) yang bertentangan atau berlawanan (dalam perang, permainan, politik, perjanjian dan sebagainya).
    Contoh: dalam perang ini pihak yang kalah sama-sama menderita kerusakan, saya yakin dia akan melindungi pihak yang benar, kedua (belah) pihak, kedua-duanya (tentang dua golongan atau dua orang yang bertentangan)
  2. Sisi (yang sebelah)
  3. Bagian.
    Contoh: pihak atas, pihak bawah, pihak kanan, pihak kiri
  4. Arah
  5. Jurusan.
    Contoh: seakan-akan angin datang dari segala pihak
  6. (pada pihak) dalam hal
  7. Mengenai.
    Contoh: pada pihak agama, mereka itu bersikap netral
  8. Orang yang termasuk dalam satu lingkungan dan kepentingan
  9. Kalangan.
    Contoh: lurah melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib, pihak kejaksaan belum mengetahui tentang ditangkapnya penjahat itu
  10. Orang
  11. Golongan.
    Contoh: korban bencana alam itu memerlukan uluran tangan dari semua pihak

Kata Turunan Pihak

  1. Berpihak
  2. Keberpihakan
  3. Memihak
  4. Memihaki
  5. Memihakkan
  6. Pemihakan
  7. Sepihak

Gabungan Kata Pihak

  1. Berpihak-pihak
  2. Pihak kedua
  3. Pihak kesatu
  4. Pihak ketiga
  5. Pihak kiri
  6. Pihak lawan
  7. Pihak pertama
  8. Pihak sana
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata pihak adalah satu dari golongan (partai, orang) yang bertentangan atau berlawanan (dalam perang, permainan, politik, perjanjian dan sebagainya). Contoh: dalam perang ini pihak yang kalah sama-sama menderita kerusakan, saya yakin dia akan melindungi pihak yang benar, kedua (belah) pihak, kedua-duanya (tentang dua golongan atau dua orang yang bertentangan). Arti lainnya dari pihak adalah sisi (yang sebelah).

Pihak memiliki 11 arti. Pihak adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pihak memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pihak dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Pihak