3 Arti Kata Piring di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'piring' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Piring

Nomina (kata benda)
  1. Wadah berbentuk bundar pipih dan sedikit cekung (atau ceper), terbuat dari porselen (seng, plastik), tempat meletakkan nasi yang hendak dimakan (tempat lauk-pauk dan sebagainya).
    Contoh: piring yang digunakan untuk sarapan sudah dicuci, tari piring, tari-tarian dengan membawa piring kecil dan lilin di atasnya
  2. Barang yang bulat pipih menyerupai piring
  3. Petak (sawah).
    Contoh: sawahnya beratus piring, piring dan kebunnya beratus bau

Kata Turunan Piring

  1. Piringan

Gabungan Kata Piring

  1. Piring alas
  2. Piring bara
  3. Piring cangkir
  4. Piring hitam
  5. Piring kue
  6. Piring mangkuk
  7. Piring polos
  8. Piring sepeda
  9. Piring terbang
  10. Piring video
  11. Piringan gelembung
  12. Piringan hitam
  13. Piringan laser
  14. Piringan padat
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata piring adalah wadah berbentuk bundar pipih dan sedikit cekung (atau ceper), terbuat dari porselen (seng, plastik), tempat meletakkan nasi yang hendak dimakan (tempat lauk-pauk dan sebagainya). Contoh: piring yang digunakan untuk sarapan sudah dicuci, tari piring, tari-tarian dengan membawa piring kecil dan lilin di atasnya. Arti lainnya dari piring adalah barang yang bulat pipih menyerupai piring.

Piring memiliki 3 arti. Piring adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari piring dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan piring dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Piring memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga piring dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Piring