3 Arti Kata Prihatin di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'prihatin' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan verba (kata kerja).

Prihatin

Adjektiva (kata sifat)

Bersedih hati, waswas, bimbang (karena usahanya gagal, mendapat kesulitan, mengingat akan nasibnya dan sebagainya).
Contoh: kita selalu prihatin jika membaca berita-berita kebakaran yang menelan korban yang besar, masyarakat petani jawa tengah sedang prihatin dengan adanya hama wereng yang menyerang tanaman padi.

Verba (kata kerja)
  1. Menahan diri
  2. Bertarak

Kata Turunan Prihatin

  1. Berprihatin
  2. Keprihatinan
  3. Memprihatinkan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata prihatin adalah bersedih hati, waswas, bimbang (karena usahanya gagal, mendapat kesulitan, mengingat akan nasibnya dan sebagainya). Contoh: kita selalu prihatin jika membaca berita-berita kebakaran yang menelan korban yang besar, masyarakat petani jawa tengah sedang prihatin dengan adanya hama wereng yang menyerang tanaman padi. Arti lainnya dari prihatin adalah menahan diri.

Prihatin memiliki 3 arti. Prihatin adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Prihatin memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga prihatin dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik dan verba atau kata kerja sehingga prihatin dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Prihatin