Radikal

Radikal memiliki 4 arti. Radikal adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Radikal memiliki arti dalam bidang ilmu politik dan pemerintahan. Radikal memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga radikal dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Radikal memiliki arti dalam bidang ilmu kimia. Radikal memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga radikal dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Berikut ini adalah definisi radikal menurut rangkuman dari berbagai referensi.
gambar radikal ilustrasi

Pengertian

Kelas: adjektiva (kata sifat)
Radikal adalah secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip)
Contoh: Perubahan yang radikal

Bidang: politik dan pemerintahan
Kelas: adjektiva (kata sifat)
Radikal adalah amat keras menuntut perubahan (undang-undang, pemerintahan)

Bidang: politik dan pemerintahan
Kelas: adjektiva (kata sifat)
Radikal adalah maju dalam berpikir atau bertindak

Bidang: kimia
Kelas: nomina (kata benda)
Radikal adalah gugus atom yang dapat masuk ke dalam berbagai reaksi sebagai satu satuan, yang bereaksi seakan-akan satu unsur saja, misalnya ch3- (metil), c2h5- (etil), so4 (sulfat)

Kata Turunan

Meradikalkan adalah menjadikan radikal

Gabungan Kata

Radikal asam adalah gugus atom dalam molekul asam yang dapat mengambil bagian dalam reaksi sebagai satuan (isinya tidak berubah selama reaksi)

Radikal bebas adalah molekul oksigen dengan atom yang pada orbit terluarnya memiliki elektron yang tidak berpasangan

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron sehingga menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain, dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal, seperti asap rokok dan hasil penyinaran ultraviolet

Radikal organik adalah gugus atom takjenuh yang memberikan sifat khusus pada senyawa yang mengandungnya atau yang tetap tidak berubah pada deret reaksi

Kesimpulan

Radikal adalah secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip). Contoh, perubahan yang radikal. Arti lainnya dari radikal adalah amat keras menuntut perubahan (undang-undang, pemerintahan).