Izkyla
Moch Rizky Prasetya KurniadiSeseorang noobgrammer sekaligus mobile gamer yang lahir dan tumbuh di Ngawi, Jawa Timur, Indonesia.
gambar roda ilustrasi

Arti Roda

Roda memiliki 3 arti. Roda adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari roda dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan roda dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Roda memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga roda dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Arti kata roda

Dasar: -
Bidang: -
Jenis: -
Kelas: nomina
Ragam: -
Lain: -
Arti kata roda adalah barang bundar (berlingkar dan biasanya berjeruji). Roda juga berarti jentera
Contoh: Sepeda mempunyai dua roda

Dasar: -
Bidang: -
Jenis: kiasan
Kelas: nomina
Ragam: -
Lain: -
Arti kata roda adalah kegiatan (gerak) yang bersinambung
Contoh: Roda pemerintahan

Kata dengan kata dasar roda

Arti kata beroda adalah memakai roda. Beroda juga berarti ada rodanya
Contoh: Kendaraan beroda empat

Istilah dengan kata dasar roda

Arti istilah roda angin adalah sepeda. Roda angin juga berarti kereta angin. Roda angin juga berarti roda dua

Arti istilah roda gaya adalah roda berat untuk mengatur kecepatan dan keselarasan gerakan mesin kapal tempat roda itu menempel

Arti istilah roda gendeng adalah roda gila

Arti istilah roda gerak adalah roda turbin yang mendapat tenaga geraknya dari air, uap, atau angin melalui sudu-sudunya

Arti istilah roda gigi pacu adalah roda gigi yang menghubungkan dua batang sejajar dan mengubah kecepatan dan gaya rotasi (seperti pada sistem transmisi mobil)

Arti istilah roda gigi siku-siku putar adalah roda gigi yang menghubungkan dua batang tegak lurus dan mengubah arah rotasi (seperti pada dongrak)

Arti istilah roda gigi ujung sayap adalah roda gigi yang mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan horizontal atau sebaliknya (seperti pada setir mobil)

Arti istilah roda gigi ulir adalah roda gigi untuk memutar roda, memperlambat kecepatan rotasi antara dua as roda tegak lurus

Arti istilah roda gigi adalah logam berbentuk bulat pipih yang pinggirannya bergerigi

Arti istilah roda gila adalah roda berat yang berputar pada porosnya untuk mengatur kerja mesin. Roda gila juga berarti roda penggerak mesin secara terus-menerus (melalui palang-palang yang menghubungkan roda-roda)

Arti istilah roda jalan adalah roda kecil tunggal sebelah belakang dalam lokomotif yang tidak turut dalam rangkaian roda gerak lokomotif

Arti istilah roda kapal adalah baling-baling kapal

Arti istilah roda kayuh adalah roda berpengayuh yang dipasang pada keliling lingkaran sebagai alat penggerak kapal uap

Arti istilah roda lambung adalah kapal yang dijalankan dengan roda di belakang atau di lambung

Arti istilah roda lori adalah halter

Arti istilah roda penghidupan adalah perputaran nasib dalam kehidupan (untung malang silih berganti)

Arti istilah roda penyesuaian adalah roda kecil pengatur gerak rahang tang pengupas kabel

Arti istilah roda perekonomian adalah kegiatan dalam bidang perekonomian
Contoh: Roda perekonomian perekonomian lewat perdagangan mulai tumbuh

Arti istilah roda perusahaan adalah kegiatan dalam bidang perusahaan

Arti istilah roda tangan adalah roda yang mudah digerakkan dengan tangan, biasanya dipakai untuk membuka atau menutup air, uap

Arti istilah roda tiga adalah sepeda yang mempunyai tiga roda

Arti istilah roda tiga adalah becak. Roda tiga juga berarti bemo. Roda tiga juga berarti helicak. Roda tiga juga berarti bajaj

Kesimpulan

Definisi dan arti kata roda di KBBI adalah roda berarti barang bundar (berlingkar dan biasanya berjeruji), jentera. Contoh, sepeda mempunyai dua roda. Roda memiliki 3 arti. Roda adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari roda dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan roda dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Roda memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga roda dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Demikian arti kata roda di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring edisi III dan juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya. Untuk melakukan validasi terhadap keakuratan dari rangkuman kami, silakan kunjungi laman KBBI Daring Resmi dan Tesaurus Daring Resmi untuk kata roda yang merupakan laman KBBI edisi V (terbaru) dan Tesaurus (terbaru) resmi dari Badan Pengembangan Bahasa Dan Pembukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Lektur.ID merupakan aplikasi web, android dan iOS dengan fitur Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan juga Tesaurus (antonim dan sinonim) daring (dalam jaringan / online) tidak resmi. Meskipun demikian kami selalu berupaya untuk memberikan dan memerbaharui informasi semaksimal dan selengkap mungkin. Selain versi web, kamu juga bisa menginstal aplikasi kami di perangkat android dan iOS secara gratis dengan nama aplikasi Lektur.ID. Untuk kemudahan pembaharuan informasi, kami tidak menyediakan versi offline dari aplikasi kami. Semoga dapat bermanfaat. Anda dapat memberikan kritik, saran dan juga koreksi melalui halaman Hubungi Kami.

Terima kasih

Pencarian

Arti Antonim Sinonim Rima
^