7 Arti Kata Rontok di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 7 arti kata 'rontok' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Rontok

Verba (kata kerja)
  1. Jatuh atau gugur dalam jumlah yang banyak (tentang buah-buahan, daun-daunan).
    Contoh: angin kencang dan kemarau panjang telah membuat daun pepohonan rontok
  2. Luruh (tentang bulu, rambut dan sebagainya).
    Contoh: rambutnya jadi rontok setelah ia melahirkan anaknya yang kelima
  3. Banyak tanggal (tentang gigi).
    Contoh: giginya rontok akibat kecelakaan
  4. Kalah.
    Contoh: para pemain kita rontok di semi final
  5. Lepas
  6. Mengelupas (tentang cat, bedak).
    Contoh: cat tembok itu sudah rontok
Nomina (kata benda)

Lauk yang terbuat dari udang kecil yang masih mentah diberi bumbu dapur, kemudian disimpan dalam waktu tertentu sebelum dimakan atau ditumis.

Kata Turunan Rontok

  1. Kerontokan
  2. Merontokkan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata rontok adalah jatuh atau gugur dalam jumlah yang banyak (tentang buah-buahan, daun-daunan). Contoh: angin kencang dan kemarau panjang telah membuat daun pepohonan rontok. Arti lainnya dari rontok adalah luruh (tentang bulu, rambut dan sebagainya). Contoh: rambutnya jadi rontok setelah ia melahirkan anaknya yang kelima.

Rontok memiliki 7 arti. Rontok adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari rontok dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan rontok dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Rontok memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga rontok dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Rontok memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga rontok dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Rontok