4 Arti Kata Saluran di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'saluran' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Saluran

Nomina (kata benda)
  1. Sesuatu yang digunakan untuk mengalirkan air atau barang cair (seperti pembuluh, selokan, terusan dan sebagainya).
    Contoh: saluran irigasi ini harus selalu dibersihkan agar tidak tersumbat, saluran atap ini sudah banyak yang bocor dan belum diperbaiki
  2. Pita frekuensi (radio dan televisi).
    Contoh: penerimaan gambar melalui saluran 6
  3. Prosedur.
    Contoh: usul kenaikan pangkat harus disampaikan melalui saluran yang sudah ditentukan
  4. Perantara.
    Contoh: dia menjadi saluran komunikasi antara kelompok yang menuntut kenaikan gaji dan pimpinan perusahaan itu
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata saluran adalah sesuatu yang digunakan untuk mengalirkan air atau barang cair (seperti pembuluh, selokan, terusan dan sebagainya). Contoh: saluran irigasi ini harus selalu dibersihkan agar tidak tersumbat, saluran atap ini sudah banyak yang bocor dan belum diperbaiki. Arti lainnya dari saluran adalah pita frekuensi (radio dan televisi). Contoh: penerimaan gambar melalui saluran 6.

Saluran memiliki 4 arti. Saluran berasal dari kata dasar salur. Saluran adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Saluran memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga saluran dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Saluran