4 Arti Kata Sanggan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'sanggan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Sanggan

Nomina (kata benda)
  1. Bokor berkaki (untuk membawa antaran dan sebagainya).
    Contoh: di antara barang pinangan yang dibawa pihak laki-laki untuk pihak perempuan, terdapat seperangkat pakaian beserta perhiasannya yang ditaruh dalam sanggan
  2. Bakul dari rotan atau lidi yang dianyam untuk tempat pinggan, mangkuk, periuk tanah dan sebagainya
  3. Kerangka kayu sebagai penyangga bilah-bilah sebuah gender
  4. Kerangka penyangga gulungan layar yang terletak di tiang pendek buritan sampan atau perahu
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sanggan adalah bokor berkaki (untuk membawa antaran dan sebagainya). Contoh: di antara barang pinangan yang dibawa pihak laki-laki untuk pihak perempuan, terdapat seperangkat pakaian beserta perhiasannya yang ditaruh dalam sanggan. Arti lainnya dari sanggan adalah bakul dari rotan atau lidi yang dianyam untuk tempat pinggan, mangkuk, periuk tanah dan sebagainya.

Sanggan memiliki 4 arti. Sanggan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Sanggan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga sanggan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Sanggan