4 Arti Kata Sanksi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'sanksi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Sanksi

Nomina (kata benda)
  1. Tanggungan (tindakan, hukuman dan sebagainya) untuk memaksa orang menepati perjanjian atau menaati ketentuan undang-undang (anggaran dasar, perkumpulan dan sebagainya).
    Contoh: dalam aturan tata tertib harus ditegaskan apa sanksinya kalau ada anggota yang melanggar aturan-aturan itu
  2. Tindakan (mengenai perekonomian dan sebagainya) sebagai hukuman kepada suatu negara.
    Contoh: dewan keamanan pbb mengadakan sanksi terhadap negara yang menyerang negara lain
  3. Imbalan negatif, berupa pembebanan atau penderitaan yang ditentukan dalam hukum
  4. Imbalan positif, yang berupa hadiah atau anugerah yang ditentukan dalam hukum

Kata Turunan Sanksi

  1. Bersanksi

Gabungan Kata Sanksi

  1. Sanksi denda
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sanksi adalah tanggungan (tindakan, hukuman dan sebagainya) untuk memaksa orang menepati perjanjian atau menaati ketentuan undang-undang (anggaran dasar, perkumpulan dan sebagainya). Contoh: dalam aturan tata tertib harus ditegaskan apa sanksinya kalau ada anggota yang melanggar aturan-aturan itu. Arti lainnya dari sanksi adalah tindakan (mengenai perekonomian dan sebagainya) sebagai hukuman kepada suatu negara. Contoh: dewan keamanan pbb mengadakan sanksi terhadap negara yang menyerang negara lain.

Sanksi memiliki 4 arti. Sanksi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Sanksi memiliki arti dalam bidang ilmu hukum.

Sanksi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga sanksi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Sanksi