4 Arti Kata Selam di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'selam' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Selam

Verba (kata kerja)

(perihal) masuk ke dalam air.
Contoh: juru selam, kapal selam.

Nomina (kata benda)
  1. Cabang olahraga renang yang masuk ke dalam air sampai ke kedalaman yang jauh dari permukaan air
  2. Islam.
    Contoh: orang selam
Lain-lain

Bahasa gaul yang terinspirasi dari bahasa khas daerah Malang yang biasanya membalik kata. Jadi maksud dari bahasa gaul selam adalah malas.

Kata Turunan Selam

  1. Menyelam
  2. Menyelami
  3. Menyelamkan
  4. Penyelam
  5. Penyelaman
  6. Peselam
  7. Terselam
  8. Terselami

Gabungan Kata Selam

  1. Selam skuba
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata selam adalah (perihal) masuk ke dalam air. Contoh: juru selam, kapal selam. Arti lainnya dari selam adalah cabang olahraga renang yang masuk ke dalam air sampai ke kedalaman yang jauh dari permukaan air.

Selam memiliki 4 arti. Selam adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Selam memiliki arti dalam bidang ilmu olahraga.

Selam memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga selam dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya dan nomina atau kata benda sehingga selam dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Selam memiliki arti dalam kelas Selam termasuk dalam ragam bahasa cakapan.

Selam masuk ke dalam bahasa gaul yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda dalam pergaulan sehari-hari.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Selam