6 Arti Kata Seluk di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'seluk' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Seluk

Verba (kata kerja)
  1. Lilit
  2. Belit
  3. Keluk
  4. Kelok
Nomina (kata benda)
  1. Penutup kepala, terbuat dari kain panjang yang dilipat-lipat dengan memakai lilin supaya kaku, dipakai sebagai pelengkap pakaian seorang datuk atau pengantin laki-laki di minangkabau
  2. Hiasan kepala pengantin laki-laki dalam budaya kerinci, terbuat dari bahan batik jambi berwarna biru atau kain songket merah berbenang emas, berbentuk topi baret, bagian depan lebih tinggi daripada bagian belakang, terdapat beberapa lipatan

Kata Turunan Seluk

  1. Berseluk
  2. Memperselukkan
  3. Menyeluk

Gabungan Kata Seluk

  1. Seludupan saku
  2. Seludupan udang
  3. Seluk-semeluk
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata seluk adalah lilit. Arti lainnya dari seluk adalah belit.

Seluk memiliki 6 arti. Seluk memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga seluk dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Seluk adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Seluk memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga seluk dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Seluk