2 Arti Kata Sembah di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'sembah' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Sembah

Nomina (kata benda)
  1. Pernyataan hormat dan khidmat (dinyatakan dengan cara menangkupkan kedua belah tangan atau menyusun jari sepuluh, lalu mengangkatnya hingga ke bawah dagu atau dengan menyentuhkan ibu jari ke hidung).
    Contoh: mengangkat sembah, menghormat dengan sembah
  2. Kata atau perkataan yang ditujukan kepada orang yang dimuliakan.
    Contoh: demikianlah sembah hang tuah, berdatang sembah, datang seraya berkata dengan hormatnya

Kata Turunan Sembah

  1. Bersembah
  2. Mempersembahkan
  3. Menyembah
  4. Menyembahkan
  5. Penyembah
  6. Penyembahan
  7. Persembahan
  8. Sembahan

Gabungan Kata Sembah

  1. Menyembah menyimpuh
  2. Menyembah panjang
  3. Menyembah sujud
  4. Sembah simpuh
  5. Sembah sujud
  6. Sembah sungkem
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sembah adalah pernyataan hormat dan khidmat (dinyatakan dengan cara menangkupkan kedua belah tangan atau menyusun jari sepuluh, lalu mengangkatnya hingga ke bawah dagu atau dengan menyentuhkan ibu jari ke hidung). Contoh: mengangkat sembah, menghormat dengan sembah. Arti lainnya dari sembah adalah kata atau perkataan yang ditujukan kepada orang yang dimuliakan. Contoh: demikianlah sembah hang tuah, berdatang sembah, datang seraya berkata dengan hormatnya.

Sembah memiliki 2 arti. Sembah adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Sembah memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga sembah dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Sembah termasuk dalam ragam bahasa klasik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Sembah