3 Arti Kata Silau di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'silau' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan verba (kata kerja).

Silau

Adjektiva (kata sifat)
  1. Berkilau-kilau pandangannya, tidak dapat melihat nyata karena terlampau terang cahayanya.
    Contoh: silau mata apabila memandang matahari
  2. Sangat kagum (tertarik, terpesona) sehingga tidak dapat melihat kenyataan (yang sebenarnya).
    Contoh: dia silau dengan kekayaannya hingga mau saja dikawini
Verba (kata kerja)

Menyilau.

Kata Turunan Silau

  1. Kesilauan
  2. Menyilau
  3. Menyilaukan
  4. Tersilau
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata silau adalah berkilau-kilau pandangannya, tidak dapat melihat nyata karena terlampau terang cahayanya. Contoh: silau mata apabila memandang matahari. Arti lainnya dari silau adalah sangat kagum (tertarik, terpesona) sehingga tidak dapat melihat kenyataan (yang sebenarnya). Contoh: dia silau dengan kekayaannya hingga mau saja dikawini.

Silau memiliki 3 arti. Silau adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari silau dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan silau dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Silau memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga silau dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Silau memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga silau dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Silau termasuk dalam ragam bahasa klasik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Silau