14 Arti Kata Susuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 14 arti kata 'susuk' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda), verba (kata kerja) dan adjektiva (kata sifat).

Susuk

Nomina (kata benda)
  1. Jarum emas, intan dan sebagainya yang dimasukkan ke dalam kulit, bibir, dahi dan sebagainya disertai mantra agar tampak menjadi cantik, menarik, manis dan sebagainya
  2. Penyemat (dari kayu dan sebagainya)
  3. Tusuk
  4. Pasak
  5. Susuh
  6. Bentuk
  7. Bangun.
    Contoh: susuk tubuh
  8. Uang kelebihan pembayaran
  9. Sisa uang pembayaran yang harus dikembalikan kepada pembeli
  10. Uang penyongsong
  11. Uang kembali
Verba (kata kerja)

Menyusuk.

Adjektiva (kata sifat)
  1. Sesak
  2. Asak

Kata Turunan Susuk

  1. Bersusuk
  2. Menyusuk
  3. Susukan

Gabungan Kata Susuk

  1. Bersusuk-susuk
  2. Bersusuk-susukan
  3. Susuk baju
  4. Susuk keluarga berencana
  5. Susuk kundai
  6. Susuk licin
  7. Susuk sanggul
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata susuk adalah jarum emas, intan dan sebagainya yang dimasukkan ke dalam kulit, bibir, dahi dan sebagainya disertai mantra agar tampak menjadi cantik, menarik, manis dan sebagainya. Arti lainnya dari susuk adalah penyemat (dari kayu dan sebagainya).

Susuk memiliki 14 arti. Susuk adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Susuk memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga susuk dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Susuk memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga susuk dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Susuk memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga susuk dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Susuk