8 Arti Kata Tegar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 8 arti kata 'tegar' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat), verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Tegar

Adjektiva (kata sifat)
  1. Keras dan kering.
    Contoh: tanah tegar
  2. Tabah.
    Contoh: kedua orang tua itu masih mencoba tegar kendati bencana itu merenggut ketiga putra-putri mereka
  3. Keras kaku
  4. Tidak dapat dilenturkan.
    Contoh: rotan yang kasar itu tegar, tetapi yang halus melentur
  5. Tidak dapat diubah (pendiriannya, pendapatnya)
  6. Tidak mau menurut
Verba (kata kerja)

Menegarkan.

Nomina (kata benda)

Penampilan tanaman yang sehat dan kuat, biasanya diperlihatkan oleh kemampuan berproduksi normal dalam keadaan suboptimum.

Kata Turunan Tegar

  1. Ketegaran
  2. Menegarkan

Gabungan Kata Tegar

  1. Menegarkan kemudi
  2. Tegar hati
  3. Tegar pelupuk mata
  4. Tegar tengkuk
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tegar adalah keras dan kering. Contoh: tanah tegar. Arti lainnya dari tegar adalah tabah. Contoh: kedua orang tua itu masih mencoba tegar kendati bencana itu merenggut ketiga putra-putri mereka.

Tegar memiliki 8 arti. Tegar adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari tegar dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan tegar dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Tegar memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga tegar dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Tegar memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga tegar dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Tegar memiliki arti dalam bidang ilmu pertanian. Tegar memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tegar dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Tegar