4 Arti Kata Tegas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'tegas' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat).

Tegas

Adjektiva (kata sifat)
  1. Tentu dan pasti (tidak ragu-ragu lagi, tidak samar-samar).
    Contoh: dengan tegas permintaan saya ditolaknya, jawablah dengan tegas, ya atau tidak
  2. Tandas.
    Contoh: perbuatan kedua orang itu tidak ada sangkut pautnya, tegasnya, masing-masing berbuat menurut kehendak dan kemauan sendiri
  3. Jelas dan terang benar
  4. Nyata.
    Contoh: tanda-tanda lalu lintas itu tidak berapa tegas kelihatan pada malam hari, ia berkata dengan suara yang tegas dan jelas

Kata Turunan Tegas

  1. Ketegasan
  2. Mempertegas
  3. Menegas
  4. Menegaskan
  5. Penegas
  6. Penegasan
  7. Pertegasan

Gabungan Kata Tegas

  1. Tegas bergas
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tegas adalah tentu dan pasti (tidak ragu-ragu lagi, tidak samar-samar). Contoh: dengan tegas permintaan saya ditolaknya, jawablah dengan tegas, ya atau tidak. Arti lainnya dari tegas adalah tandas. Contoh: perbuatan kedua orang itu tidak ada sangkut pautnya, tegasnya, masing-masing berbuat menurut kehendak dan kemauan sendiri.

Tegas memiliki 4 arti. Tegas adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Tegas memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga tegas dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Tegas