7 Arti Kata Tekak di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 7 arti kata 'tekak' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Tekak

Nomina (kata benda)
  1. Bagian yang lembut dari langit-langit mulut sebelah belakang (tempat saraf perasa)
  2. Rasa atau perasa pada mulut.
    Contoh: tidak sedap tekaknya, tidak enak rasanya (tentang makanan), kering tekaknya, haus sekali, umpan tekak, pembangkit selera makan, payau (langu) tekaknya, makan apa pun tidak sedap rasanya
  3. Lubang atau rongga kerongkongan
  4. Faring
Adjektiva (kata sifat)
  1. Tegar (hati)
  2. Tidak mau menurut
  3. Keras kepala

Kata Turunan Tekak

  1. Bertekak
  2. Menekak
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tekak adalah bagian yang lembut dari langit-langit mulut sebelah belakang (tempat saraf perasa). Arti lainnya dari tekak adalah rasa atau perasa pada mulut. Contoh: tidak sedap tekaknya, tidak enak rasanya (tentang makanan), kering tekaknya, haus sekali, umpan tekak, pembangkit selera makan, payau (langu) tekaknya, makan apa pun tidak sedap rasanya.

Tekak memiliki 7 arti. Tekak adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari tekak dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan tekak dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Tekak memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tekak dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Tekak memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga tekak dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Tekak termasuk dalam ragam bahasa klasik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Tekak