6 Arti Kata Tengik di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'tengik' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan nomina (kata benda).

Tengik

Adjektiva (kata sifat)
  1. Jahat, kejam, kasar (tentang perbuatan, perkataan dan sebagainya).
    Contoh: sikap dan ucapannya yang tengik menyebabkan dia dibenci kawan-kawannya
  2. Berbau atau berasa tidak sedap (seperti bau minyak kelapa yang sudah lama)
  3. Berbau busuk.
    Contoh: jangan menggoreng dengan minyak kelapa yang sudah tengik
Nomina (kata benda)
  1. Kayu tengik
  2. Pohon yang berkayu empuk dan getahnya beracun
  3. Antiaris toxicaria

Kata Turunan Tengik

  1. Ketengikan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tengik adalah jahat, kejam, kasar (tentang perbuatan, perkataan dan sebagainya). Contoh: sikap dan ucapannya yang tengik menyebabkan dia dibenci kawan-kawannya. Arti lainnya dari tengik adalah berbau atau berasa tidak sedap (seperti bau minyak kelapa yang sudah lama).

Tengik memiliki 6 arti. Tengik adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari tengik dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan tengik dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Tengik memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga tengik dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Tengik memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tengik dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Tengik