14 Arti Kata Terbang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 14 arti kata 'terbang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Terbang

Verba (kata kerja)
  1. Bergerak atau melayang di udara dengan tenaga sayap (tentang burung dan sebagainya) atau dengan tenaga mesin (tentang pesawat terbang dan sebagainya).
    Contoh: burung itu sanggup terbang jauh sampai ke pantai, dengan lincahnya pesawat kecil itu terbang berakrobat di udara
  2. Berhamburan atau melayang-layang di udara (tentang debu, daun-daunan dan sebagainya).
    Contoh: seng dan atap rumah terbang ditiup angin puyuh, pekerja itu mengenakan topeng muka untuk menghindarkan mata dari pasir yang terbang
  3. Hilang lenyap (dicuri orang).
    Contoh: sepuluh peti berisi suku cadang mobil terbang dari gudang pelabuhan
  4. Berlari cepat
  5. Mudah menjadi uap (gas)
  6. Mudah menguap.
    Contoh: minyak terbang, zat terbang
  7. Melarikan diri
  8. Kabur.
    Contoh: mobil yang menabrak anak itu terbang dan menghilang
  9. Naik pesawat terbang
  10. Bepergian dengan pesawat terbang.
    Contoh: pagi ini rombongan perutusan -ke bali
Nomina (kata benda)
  1. Rebana
  2. Ikan yang hidup di laut, dapat meloncat keluar air dan terbang jauh di atas permukaan, ukurannya mencapai 18 cm, hidup di perairan tropis
  3. Ikan terbang
  4. Hirundichthys oxycephalus

Kata Turunan Terbang

  1. Beterbangan
  2. Menerbangi
  3. Menerbangkan
  4. Penerbang
  5. Penerbangan

Gabungan Kata Terbang

  1. Terbang arwah
  2. Terbang darahnya
  3. Terbang layang
  4. Terbang menerkam
  5. Terbang pikiran
  6. Terbang semangat
  7. Terbang solo
  8. Terbang-terbang hinggap
  9. Terbang-terbang

Peribahasa Terbang

  1. Terbang bertumpu hinggap mencekam
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata terbang adalah bergerak atau melayang di udara dengan tenaga sayap (tentang burung dan sebagainya) atau dengan tenaga mesin (tentang pesawat terbang dan sebagainya). Contoh: burung itu sanggup terbang jauh sampai ke pantai, dengan lincahnya pesawat kecil itu terbang berakrobat di udara. Arti lainnya dari terbang adalah berhamburan atau melayang-layang di udara (tentang debu, daun-daunan dan sebagainya). Contoh: seng dan atap rumah terbang ditiup angin puyuh, pekerja itu mengenakan topeng muka untuk menghindarkan mata dari pasir yang terbang.

Terbang memiliki 14 arti. Terbang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Terbang memiliki arti dalam bidang ilmu fisika.

Arti dari terbang dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan terbang dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Terbang memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga terbang dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Terbang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga terbang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Terbang