5 Arti Kata Terik di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'terik' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan nomina (kata benda).

Terik

Adjektiva (kata sifat)
  1. Sempit dan tegang mengikat (tentang seluar, ikatan dan sebagainya).
    Contoh: ikatan kotak sabun itu sangat terik sehingga susah membukanya, tali itu diikatnya dengan terik
  2. Penuh padat (tentang sesuatu yang dijejal, diasak dan sebagainya):
  3. Amat
  4. Sangat (tentang panas matahari).
    Contoh: panas terik, panas sekali
Nomina (kata benda)

Masakan terbuat dari daging, tempe, atau tahu, dicampur dengan bumbu (ketumbar dan sebagainya, dimasak dengan santan hingga hampir kering).

Kata Turunan Terik

  1. Menerikkan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata terik adalah sempit dan tegang mengikat (tentang seluar, ikatan dan sebagainya). Contoh: ikatan kotak sabun itu sangat terik sehingga susah membukanya, tali itu diikatnya dengan terik. Arti lainnya dari terik adalah penuh padat (tentang sesuatu yang dijejal, diasak dan sebagainya):.

Terik memiliki 5 arti. Terik adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Terik memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga terik dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Terik memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga terik dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Terik