5 Arti Kata Tidur di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'tidur' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan verba (kata kerja).

Tidur

Nomina (kata benda)
  1. Dalam keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata).
    Contoh: siang untuk bekerja, malam untuk istirahat dan tidur, obat tidur (penidur), obat bius (obat yang menyebabkan dapat tidur nyenyak)
  2. Keadaan tidak aktif (tentang gunung dan sebagainya)
Verba (kata kerja)
  1. Mengistirahatkan badan dan kesadarannya.
    Contoh: biar aku saja yang menyudahkan pekerjaan ini, engkau boleh pergi tidur, tempat tidur, tempat untuk tidur, ranjang
  2. Berbaring
  3. Terbaring (tidak berdiri).
    Contoh: bubu tidur

Kata Turunan Tidur

  1. Berseketiduran
  2. Ketiduran
  3. Meniduri
  4. Menidurkan
  5. Penidur
  6. Peniduran
  7. Petiduran
  8. Seketiduran
  9. Tertidur
  10. Tiduran

Gabungan Kata Tidur

  1. Ketidur-tiduran
  2. Tidur-tidur ayam
  3. Tidur-tidur
  4. Tidur-tiduran

Peribahasa Tidur

  1. Tidur di atas miang enjelai
  2. Tidur tak lelap, makan tak kenyang
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tidur adalah dalam keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata). Contoh: siang untuk bekerja, malam untuk istirahat dan tidur, obat tidur (penidur), obat bius (obat yang menyebabkan dapat tidur nyenyak). Arti lainnya dari tidur adalah keadaan tidak aktif (tentang gunung dan sebagainya).

Tidur memiliki 5 arti. Tidur adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Tidur memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tidur dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan verba atau kata kerja sehingga tidur dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Tidur