4 Arti Kata Tumbang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'tumbang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Tumbang

Verba (kata kerja)
  1. Rebah (tentang kayu besar yang terangkat akarnya dan sebagainya).
    Contoh: pohon satu-satunya tempat bernaung tumbang karena hujan yang disertai angin kencang itu
  2. Jatuh
  3. Runtuh (tentang negara, kekuasaan dan sebagainya).
    Contoh: kekuasaan imperialis di timur tengah telah tumbang
Nomina (kata benda)

Penganan dibuat dari (keladi, pisang, ubi) yang direbus, ditumbuk halus dan dicampur dengan gula dan parutan kelapa.

Kata Turunan Tumbang

  1. Menumbang
  2. Menumbangkan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tumbang adalah rebah (tentang kayu besar yang terangkat akarnya dan sebagainya). Contoh: pohon satu-satunya tempat bernaung tumbang karena hujan yang disertai angin kencang itu. Arti lainnya dari tumbang adalah jatuh.

Tumbang memiliki 4 arti. Tumbang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari tumbang dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan tumbang dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Tumbang memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga tumbang dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Tumbang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tumbang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Tumbang