3 Arti Undang-Undang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'undang-undang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Undang-Undang

Nomina (kata benda)
  1. Ketentuan dan peraturan negara yang dibuat oleh pemerintah (menteri, badan eksekutif dan sebagainya), disahkan oleh parlemen (dewan perwakilan rakyat, badan legislatif dan sebagainya), ditandatangani oleh kepala negara (presiden, kepala pemerintah, raja) dan mempunyai kekuatan yang mengikat
  2. Aturan yang dibuat oleh orang atau badan yang berkuasa.
    Contoh: taat pada undang-undang partai
  3. Hukum (dalam arti patokan yang bersifat alamiah atau sesuai dengan sifat-sifat alam).
    Contoh: undang-undang tiap-tiap negara berlainan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata undang-undang adalah ketentuan dan peraturan negara yang dibuat oleh pemerintah (menteri, badan eksekutif dan sebagainya), disahkan oleh parlemen (dewan perwakilan rakyat, badan legislatif dan sebagainya), ditandatangani oleh kepala negara (presiden, kepala pemerintah, raja) dan mempunyai kekuatan yang mengikat. Arti lainnya dari undang-undang adalah aturan yang dibuat oleh orang atau badan yang berkuasa. Contoh: taat pada undang-undang partai.

Undang-undang memiliki 3 arti. Undang-undang berasal dari kata dasar undang. Undang-undang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Undang-undang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga undang-undang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Undang-Undang