3 Arti Kata Wawancara di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'wawancara' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Wawancara

Nomina (kata benda)
  1. Tanya jawab dengan seseorang (pejabat dan sebagainya) yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dalam surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pada layar televisi
  2. Tanya jawab direksi (kepala personalia, kepala humas) perusahaan dengan pelamar pekerjaan
  3. Tanya jawab peneliti dengan narasumber

Kata Turunan Wawancara

  1. Berwawancara
  2. Mewawancarai
  3. Pewawancara
  4. Terwawancara

Gabungan Kata Wawancara

  1. Wawancara bebas
  2. Wawancara individual
  3. Wawancara kelompok
  4. Wawancara konferensi
  5. Wawancara terbuka
  6. Wawancara terpimpin
  7. Wawancara tertutup
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang (pejabat dan sebagainya) yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dalam surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pada layar televisi. Arti lainnya dari wawancara adalah tanya jawab direksi (kepala personalia, kepala humas) perusahaan dengan pelamar pekerjaan.

Wawancara memiliki 3 arti. Wawancara adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Wawancara memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga wawancara dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Wawancara